Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Putra, Ryan Ericko Sukismo
Subject
Advertising
Datestamp
2016-06-10 11:21:57
Abstract :
Rokok Marlboro merupakan salah satu barang konsumsi pasar yang sudah
dikenal sejak puluhan tahun. Banyaknya produsen rokok membuat tingkat
persaingan antar brand atau merek pun tidak terhindar, oleh karena itu tiap
pemilik merek mulai memberikan diferensiasi bagi merek mereka. Penelitian ini
menggunakan teori semiotika menurut Roland Barthes yang merupakan suatu
pedoman terdiri dari dua langkah semiologi untuk menentukan arti dari tandatanda
yang disampaikan melalui foto; menciptakan paradigma merek dan
mendapatkan keunggulan kompetitif yang terus menerus. Melalui proses tersebut
dapat ditarik makna perlambangan/representasi maskulinitas yang terdapat dalam
foto Iklan Rokok Marlboro Country.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi
maskulinitas dalam foto iklan Rokok Marlboro Country. Penelitian ini bersifat
deskriptif kualitatif yaitu untuk melukiskan secara sistematis fakta atau
karakteristik representasi maskulinitas dimana peneliti bertindak sebagai
pengamat, membuat kategori representasi maskulinitas pada foto iklan,
mengamati fakta dalam foto iklan dan mencatatnya. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dari objek penelitian. Objek penelitian tersebut
adalah dua foto iklan Rokok Marlboro Country.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa representasi maskulinitas
disampaikan melalui objek yang terkandung dalam foto. Selain objek yang
terdapat pada foto, sisi fotografis memperkuat penyampaian representasi
maskulinitas. Kecenderungan warna dalam foto serta susunan komposisi foto
menjadi pembantu pemerkuat dari objek-objek yang disampaikan sebagai
representasi maskulinitas.
Objek foto seperti cowboy, kuda, latar belakang pemandangan, serta
gambar bungkus rokok merupakan wahana bagi pesan maskulinitas yang ingin
disampaikan. Gambar-gambar/objek-objek tersebut memiliki makna yang dapat
diasosiasikan dengan makna maskulinitas itu sendiri. Selain itu warna dan
komposisi foto yang terjadi membentuk mood maskulin pada kedua foto iklan
Rokok Marlboro Country.