Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Nugraha, Anak Agung Gede Putra Aditya
Subject
Advertising
Datestamp
2016-06-10 11:16:32
Abstract :
Terpaan iklan dalam penelitian ini yaitu iklan produk Eiger yang ada di
Account youtube. Hal ini dikarenakan dengan adanya tayangan iklan produkproduk
di Account youtube telah menimbulkan awareness pada masyarakat.
Account youtube sudah banyak diketahui oleh orang banyak sebagai satu-satunya
media populer yang merupakan kumpulan-kumpulan gambar-gambar video.
Keberadaan account youtube Eiger yang memuat tentang produk sekaligus iklan
dari produk produk Eiger sendiri telah berimplikasi pada produk-produk Eiger
sudah berada dalam benak/pikiran konsumen, konsumen sudah mampu mengingat
produk-produk Eiger menggunakan alat bantu ataupun tanpa menggunakan alat
bantu iklan (produk Eiger di media televisi), logo, slogan. Keutamaan merek
produk-produk Eiger telah muncul di benak/pikiran konsumen. Hal ini dapat
diamati atau telah terbukti dari banyaknya konsumen yang menggunakan produk
Eiger terutama pada kelompok pencinta alam. Tujuan dalam penelitian ini adalah :
untuk mengetahui ?Pengaruh Terpaan Iklan di Account youtube terhadap Brand
Awareness (Studi Eksplanatif Iklan Produk Eiger di account youtube pada
Mahasiswa Pencinta Alam di Sekber PPA DIY)?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif. Sampel yang diambil dalam
penelitian ini adalah anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) di Sekretariat
Bersama (SekBer) PPA DIY yang pernah menyaksikan iklan Produk Eiger di
account youtube yang berjumlah 75 orang. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah probability sampling dengan metode purposive sampling.
Alat analisis menggunakan Pearson Correlation dan Analisis Regresi Linier
Sederhana.
Hasil analisis Regresi Linier menunjukkan bahwa variabel terpaan iklan
Produk Eiger mempunyai pengaruh positif terhadap brand awareness konsumen
produk Eiger dengan nilai probabilitas t-hitung 0,000 < Level of Significant = 0,05.
Hal ini dapat diartikan, jika terpaan iklan Produk Eiger meningkat, maka brand
awareness konsumen produk Eiger akan mengalami peningkatan. Hasil dari
regresi diperoleh R2 sebesar 0,362, artinya variabel dependen Y dalam model
yaitu brand awareness konsumen produk Eiger dijelaskan oleh variabel terpaan
iklan Produk Eiger sebesar 36,2%, sedangkan sisanya sebesar 63,8% dijelaskan
oleh variabel lain di luar model, misalnya kepuasan pelanggan, keandalan produk,
daya tarik, dll. Diketahui bahwa kebanyakan responden 69,33% sering diterpa
iklan Produk Eiger. Diketahui bahwa kebanyakan responden 49,3% brand
awarenessnya tinggi terhadap produk Eiger.