DETAIL DOCUMENT
PENGARUH TERPAAN IKLAN DI ACCOUNT YOUTUBE TERHADAP BRAND AWARENESS (Studi Eksplanatif Iklan Produk Eiger di Account Youtube versi “Do You Really Enjoy Your Life?” pada Mahasiswa Pencinta Alam di Sekber PPA DIY)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Nugraha, Anak Agung Gede Putra Aditya
Subject
Advertising 
Datestamp
2016-06-10 11:16:32 
Abstract :
Terpaan iklan dalam penelitian ini yaitu iklan produk Eiger yang ada di Account youtube. Hal ini dikarenakan dengan adanya tayangan iklan produkproduk di Account youtube telah menimbulkan awareness pada masyarakat. Account youtube sudah banyak diketahui oleh orang banyak sebagai satu-satunya media populer yang merupakan kumpulan-kumpulan gambar-gambar video. Keberadaan account youtube Eiger yang memuat tentang produk sekaligus iklan dari produk produk Eiger sendiri telah berimplikasi pada produk-produk Eiger sudah berada dalam benak/pikiran konsumen, konsumen sudah mampu mengingat produk-produk Eiger menggunakan alat bantu ataupun tanpa menggunakan alat bantu iklan (produk Eiger di media televisi), logo, slogan. Keutamaan merek produk-produk Eiger telah muncul di benak/pikiran konsumen. Hal ini dapat diamati atau telah terbukti dari banyaknya konsumen yang menggunakan produk Eiger terutama pada kelompok pencinta alam. Tujuan dalam penelitian ini adalah : untuk mengetahui ?Pengaruh Terpaan Iklan di Account youtube terhadap Brand Awareness (Studi Eksplanatif Iklan Produk Eiger di account youtube pada Mahasiswa Pencinta Alam di Sekber PPA DIY)?. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) di Sekretariat Bersama (SekBer) PPA DIY yang pernah menyaksikan iklan Produk Eiger di account youtube yang berjumlah 75 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan metode purposive sampling. Alat analisis menggunakan Pearson Correlation dan Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil analisis Regresi Linier menunjukkan bahwa variabel terpaan iklan Produk Eiger mempunyai pengaruh positif terhadap brand awareness konsumen produk Eiger dengan nilai probabilitas t-hitung 0,000 < Level of Significant = 0,05. Hal ini dapat diartikan, jika terpaan iklan Produk Eiger meningkat, maka brand awareness konsumen produk Eiger akan mengalami peningkatan. Hasil dari regresi diperoleh R2 sebesar 0,362, artinya variabel dependen Y dalam model yaitu brand awareness konsumen produk Eiger dijelaskan oleh variabel terpaan iklan Produk Eiger sebesar 36,2%, sedangkan sisanya sebesar 63,8% dijelaskan oleh variabel lain di luar model, misalnya kepuasan pelanggan, keandalan produk, daya tarik, dll. Diketahui bahwa kebanyakan responden 69,33% sering diterpa iklan Produk Eiger. Diketahui bahwa kebanyakan responden 49,3% brand awarenessnya tinggi terhadap produk Eiger. 

Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta