Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Mahardika, Valentinus Aditya
Subject
Public Relations
Datestamp
2016-06-10 10:58:48
Abstract :
Komunikasi merupakan sebuah hal yang penting di kehidupan manusia.
Komunikasi menjadi kebutuhan dasar manusia karena pada dasarnya setiap
manusia akan berkomunikasi dengan orang lain dimanapun dan kapanpun. Dalam
konteks organisasi komunikasi juga merupakan sebuah aspek penting karena
komunikasi antara satu karyawan dengan karyawan lain akan berpengaruh pada
keberhasilan organisasi. Dalam sebuah organisasi komunikasi dilakukan dengan
cara langsung dan dengan menggunakan media untuk mempermudah
penyebarluasan informasi dari atas ke bawah. Salah satu isntitusi yang
menggunakan media dalam proses penyebarluasan komunikasi adalah Polda DIY.
Polda DIY menggunakan media internal berbentuk majalah dalam penyebarluasan
informasi. Penelitian ini akan melihat bagaimana pengaruh efektifitas media
internal majalah Manggala terhadap kepuasan komunikasi di lingkungan Polda
DIY.
Penelitian ini berjenis kuantiatif. Dengan menggunakan metode Survai.
Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster
sampling dalam setiap satuan kerja. Setelah dikelompokan akan diambil secara
random dalam setiap satuan kerja. Pengujian hubungan antara efektivitas media
internal majalah dengan kepuasan komunikasi menggunakan uji korelasi product
moment, sedangkan uji pengaruh efektivitas media internal majalah terhadap
kepuasan komunikasi menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil uji korelasi product moment menunjukan bahwa efektivitas media
internal majalah Manggala (X) berhubungan secara positif dan sangat tinggi
terhadap kepuasan komunikasi (Y) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.935.
Hipotesis dalam penelitian ini terbukti yaitu ada pengaruh tentang efektivitas
penggunaan media internal majalah Manggala terhadap kepuasan komunikasi di
lingkungan Polda DIY dan semakin tinggi efektivitas media internal maka smekin
tinggi kepuasan komunikasi di lingkungan Polda DIY. Dari hasil uji regresi linear
sederhana sig 0.000 maka pengaruh yang muncul adalah signifikansi. Besar
pengaruh variabel X dan variabel Y adalah sebesar 87.5 % dan sisanya 12.5%
dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terangkum dalam analisis ini.