Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Roestanto P., Wina Kurnia
Subject
Advertising
Datestamp
2016-06-10 10:57:14
Abstract :
Majalah Campusmagz merupakan majalah remaja yang beredar di Yogyakarta sejak
tahun 2011. Penyajian Majalah Campusmagz memiliki konsep yaitu fun & smart, content
yang disajikan di Majalah Campusmagz berupa berita dan informasi yang dibutuhkan oleh
remaja. Majalah Campusmagz juga menyediakan space iklan bagi para produk atau jasa
yang ingin mengiklankan di Majalah Campusmagz.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan memaparkan
hasi penelitan yang ditemukan di lapangan menjadi sebuah deskripsi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam, sehingga mengetahui
bagaiman proses pengambilan keputusan klien dalam memasang iklan di Majalah
Campusmagz.
Pengambilan keputusan klien dalam memasang iklan di Majalah Campusmagz,
berdasarkan aspek bisnis yang berbeda tentunya memiliki proses keputusan yang dilalui
dalam pengambilan keputusan pun juga berbeda. Kebutuhan atau keinginan tiap klien yang
berbeda yang juga dipengaruhui dari aspek binis klien yang berbeda membuat peneliti
tertarik mengadakan penelitian bagaimana proses pengambilan keputusan berdasarkan aspek
bisnis yang berbeda. Proses pengambilan keputusan di awali dengan adanya pesan atau
informasi yang disampaikan oleh Account Executive mengenai penawaran space iklan di
Majalah Campusmagz. Dimana pesan tersebut akan membuat klien menuju pada proses
pengambilan keputusan mulai dari pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi
alternatif dan keputusan pembelian dan selanjutnya tahap pasca pembelian. Tahapan tersebut
tidak semua dilalui secara beurutan melainkan juga bisa langsung pada pengambilan
keputusan. Hal tersebut terganting dari keinginan dan kebutuhan klien