Abstract :
Di era informasi yang modern ini salah satu syarat perusahaan untuk tetap
dapat eksis adalah kemampuan berkomunikasi.Semua pihak harus memiliki posisi
setara dan hubungan timbal balik demi tujuan bersama.CSR dapat membentuk
citra positif perusahaan di mata masyarakat, namun pada kenyataannya,
pelaksanaan CSR di Indonesia masih banyak yang dilakukan tanpa konsep dan
perencanaan yang jelas, sehingga banyak program CSR yang gagal bahkan
menjadi bumerang bagi perusahaan itu sendiri karena dianggap hanya berniat
untuk membonceng isu sosial saja atau dengan kata lain hanya dianggap sebagai
lip-service saja oleh masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap pedagang pada
program CSR terhadap citra merek perusahaan PT.Coca-Cola Amatil Indonesia
(CCAI) di area pelataran Candi Borobudur.Sampel dalam penelitian ini adalah
pedagang yang berada di Plataran Candi Borobudur Kabupaten Magelang
sejumlah 82 responden. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan
kuesioner yang disusun dalam skala likert. Hasil penelitian dianalisa dengan
menggunakan analisis persentase dan korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang sangat kuat dan signifikan sikap tentang program CSR terhadap citra
perusahaan PT.Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI).