Abstract :
Radio adalah salah satu media massa favorit terutama untuk masyarakat dengan tingkat
mobilitas tinggi yang sibuk. Selain digunakan sebagai media penyampain informasi radio juga
digunakan sebagai media beriklan yang cukup efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
varian iklan spot radio manakah yang paling disukai berdasarkan sikap pendengar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental,
pengumpulan data dilakukan dengan melakukan treatment dan kuesioner. Analisis dilakukan
dengan statistik deskriptif yaitu penyajian data melalui tabel, frekuensi, dan prosentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga varian iklan yang diteliti, nilai tertinggi
iklan adalah iklan ketiga (iklan dialog) dengan nilai rata-rata sebesar 3.5450 . Penilaian
mengenai iklan yang ditayangkan dalam sebuah radio terbagi menjadi 3 varian yaitu varian
model gabungan, varian monolog dan varian dialog. Berdasarkan hasil penelitian yang paling
banyak dipilih berdasarkan sikap pendengar adalah varian iklan dialog hal ini dikarenakan dari
ketiga indikator yaitu kejelasan, kelincahan dan keanekaragaman, iklan dialog mendapatkan nilai
sikap positif yang paling tinggi. Dibandingkan dengan varian iklan gabungan dan iklan monolog,
varian iklan dialog lebih baik dalam penggunaan kata-kata dan kalimat yang efisien, penyusunan
ide yang sistematis, ilustrasi, contoh-contoh, sound effect, dan dalam pemilihan humor, dilihat
nilai yang diperoleh dari setiap indikator.