Abstract :
Seseorang dalam kehidupannya selalu ditemukan dengan permasalahan yang
mereka hadapi, salah satu permasalahan tersebut yakni adanya kebutuhan
maupun keinginan. Seorang individu akan selalu berusaha untuk memenuhi
kebutuhan atau sesuatu yang mereka inginkan, salah satunya yakni dengan
membeli atau menggunakan suatu barang maupun jasa. Adanya
perkembangan era yang baru maka cara pemenuhan kebutuhan maupun
keinginan tersebut juga berbeda, salah satu contoh adanya perkembangan
tersebut yakni pemenuhan kebutuhan melalui online shop. Online shop hadir
untuk dengan menawarkan produk-produk guna mampu memenuhi kebutuhan
maupun keinginan khalayak melalui jaringan internet yang pada era global ini
semakin mudah diakses. Salah satu online shop yang ada di Indonesi yakni
Lazada.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa sajakah faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan untuk
membeli produk di online shop khususnya di Lazada. Proses pembelian atau
penggunaan barang tersebut tidak serta merta terjadi begitu saja, pembelian
termasuk dalam suatu proses pemgambilan keputusan sehingga terdapat
faktor-faktor yang mempengaruhi dan menentukan tindakan tersebut.
Penelitian ini menggunakan teknik interview untuk mengumpulkan informasi
dari beberapa individu yang pernah bertransaksi dengan Lazada sehingga
dapat diketahui beberapa faktor yang mempengaruhi mereka sehingga mereka
mengambil keputusan untuk membeli produk di Lazada.
Penelitian ini dalam mencari faktor-faktor yang berperan tersebut mengacu
pada proses pengambilan keputusan melalui konsep Berkowitz, Kerin dan
Rudelius. Konsep tersebut menjelaskan mengenai tahap-tahap dalam proses
pengambilan keputusan pembelian, tahap tahap tersebut yakni tahap
pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pengambilan
keputusan pembelian dan evaluasi pasca pembelian. Melalui proses tersebut
dapat diketahui beberapa faktor yang terdapat pada setiap tahap yang
memeiliki peran untuk merangsang seseorang untuk masuk ke dalam tahap
berikutnya sampai dengan tahap pembelian