Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
PANGARAGA, TEODORUS TANGKAS
Subject
Public Relations
Datestamp
2019-10-04 07:32:51
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi citra XT
Square melalui ruang terbuka yang mereka miliki, sehingga dapat meningkatkan
kesan mengenai apa sebenarnya citra yang ingin dibentuk oleh XT Square. XT
Square merupakan sebuah destinasi wisata baru di Yogyakarta yang mengusung
konsep citra ?One Stop Night Shopping?, yang dimana menyajikan berbagai
wisata khas Yogyakarta dari sisi kesenian, kuliner, kerajinan, dan hiburan yang
dapat dinikmati dari pagi hingga tengah malam. Dalam proses komunikasi citra
tersebut, XT Square menggunakan beberapa strategi, salah satunya dengan
menggunakan ruang terbuka yang mereka miliki yang diimplementasi dalam zona
kuliner semi indoor, zona kuliner outdoor, dan zona taman bermain.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan
desain studi deskriptif kualitatif sehingga penulis dapat menangkap berbagai fakta
di lapangan kemudian menganalisisnya dengan teorisasi berdasarkan dengan apa
yang telah diamati di lapangan. Penulis mengunakan metode studi kasus dengan
menangkap fenomena penggunaan ruang terbuka XT Square secara rinci dalam
komunikasi citra ?One Stop Night Shopping? ke pengunjung. Dalam proses
pengumpulan data, penulis menggunakan metode pencarian data dengan
wawancara, dan analisis dokumen. Data yang sudah didapat dari hasil wawancara
akan dianalisis dan ditarik kesimpulannya. Dalam menguji keabsahan data, akan
dilakukan proses triangulasi sumber, dengan mencocokkan hasil wawancara
antara narasumber.
Penggunaan ruang terbuka XT Square dalam komunikasi citra ?One Stop
Night Shopping? dilakukan dengan mengunakan penyelenggaraan event.
Informasi yang disampaikan dengan cara tersebut terdapat dalam konten dari
pesan yang disampaikan, atmosfer yang diciptakan, pendekatan yang dilakukan
dengan memperhatikan jarak dan ruang, serta penyajian acara yang sesuai dengan
konsep yang ingin ditunjukkan