Abstract :
Strategi komunikasi pemasaran merupakan pedoman yang
penting untuk memperkenalkan, memberikan informasi dan
memasarkan produk kepada konsumen. Strategi komunikasi suatu
produk dalam sebuah perusahaan merupakan salah satu cara yang
ditempuh untuk meningkatkan pemasaran untuk memajukan
perusahaan. Penelitian ini menggunakan Raminten Uborampe sebagai
subyek penelitian karena perusahaan ini merupakan perusahaan yang
menggunakan strategi komunikasi pemasaran dalam usahanya
membangun brand awareness.
Raminten Uborampe merupakan perusahaan yang menyediakan
cinderamata khas kota Yogyakarta. Brand awareness diperlukan
mengingat Raminten Uborampe merupakan perusahaan yang baru di
bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
komunikasi pemasaran Raminten Uborampe dalam membangun brand
awareness. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif
kualitatif merupakan metode yang menghasilkan data deskriptif
berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku yang diamati. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan dengan memadukan kegiatan-kegiatan yaitu periklanan,
personal selling, publisitas, dan promosi penjualan. Strategi
komunikasi pemasaran yang dilakukan sudah cukup baik namun dirasa
kurang maksimal. Unsur-unsur kegiatan dalam komunikasi pemasaran
tersebut belum saling mendukung satu dengan yang lain dan belum
terlaksana dengan seimbang. Raminten Uborampe hendaknya
memperbanyak iklan yang bersifat below the line dan juga
memperbanyak event-event promosi di tempat-tempat wisata sehingga
lebih mudah diingat oleh konsumen dan dapat bersaing dengan merekmerek
lain dengan produk serupa. Evaluasi juga dirasa perlu untuk
lebih dikembangkan lagi oleh perusahaan agar perusahaan dapat
memantau perkembangan penyampaian pesan ke konsumen dan dapat
membentuk brand awareness yang lebih optimal.