Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas press release Plaza
Ambarrukmo periode Desember 2014-Oktober 2015. Permasalahan dalam penelitian
ini adalah dibangunnya banyak pusat perbelanjaan baru di kota Yogyakarta,
sehingga persaingan antara Plaza Ambarrukmo dengan pusat perbelanjaan lainnya
menjadi sebuah konsekuensi logis yang tidak dapat dihindarkan guna menjaga
eksistensinya dalam masyarakat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk
menjaga eksistensi adalah dengan melakukan aktivitas hubungan media berupa
pengiriman press release. Dengan semakin banyaknya persaing baru, semakin ketat
pula media dalam menyeleksi press release yang layak muat media. Press release
yang berkualitas baiklah yang akan memiliki kemungkinan besar untuk dapat dimuat
di media massa sehingga evaluasi perlu dilakukan untuk melihat dan terus
memperbaiki kualitas dari press release Plaza Ambarrukmo kedepannya.
Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif yang menggunakan
metode analisis isi dengan objek penelitian berupa populasi press release Plaza
Ambarrukmo selama periode Desember 2014-Oktober 2015. Hasil dari olahan data
disajikan dengan bentuk tabel distribusi frekuensi, sedangkan keabsahan data
dilakukan dengan uji reliabilitas. Setelah dilakukan analisis, didapatkan hasil bahwa
kualitas press release Plaza Ambarrukmo selama periode Desember 2014-Oktober
2015 masih kurang berkualitas sehingga perlu dilakukan banyak perbaikan untuk
dapat memperbaiki kualitas dan menunjang publisitas Plaza Ambarrukmo
kedepannya.