Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
CLAUDIA AGNES, LASCHENOSA VALENTA SHINDY
Subject
Public Relations
Datestamp
2019-10-04 07:39:29
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pergeseran konsep public
relations yang dilakukan oleh Telkomsel akibat perkembangan teknologi
telekomunikasi. Sebagai perusahaan operator seluler terbesar di Indonesia,
tentu membuat Telkomsel terus melakukan berbagai inovasi terhadap
pelayanannya seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satunya yakni
harus mampu untuk terus menjalin relasi dan komunikasi yang baik dengan
publiknya. Untuk itu diperlukan public relations guna menjalankan tugas
tersebut. Dalam menjalankan tugasnya, public relations dihadapkan dengan
perkembangan teknologi yang ada sehingga di tuntut untuk dapat
memanfaatkan teknologi yang ada guna menjalin relasi dan berkomunikasi
dengan publik. Hal itulah yang menjadi latarbelakang peneliti untuk
melakukan penelitian mengenai pergeseran konsep public relations di
Telkomsel.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode
penelitian diskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah
dengan melakukan wawancara, menggunakan data sekunder untuk
mendukung dan menambahkan data yang diperoleh serta trianggulasi untuk
meningkatkan akurasi data. Peneliti melakukan wawancara dengan beberapa
pihak dari Telkomsel. Teknis analisis data yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif yang menjelaskan data dari hasil wawancara dan
catatan lapangan dengan mengorganisasikan data, dijabarkan, kemudian
disimpulkan untuk diskripsikan.
Setelah melakukan penelitian ini, didapatkan hasil bahwa pergeseran
konsep public relations di Telkomsel saat ini masih dalam masa transisi.
Konsep public relations di Telkomsel yang dijalankan saat ini yakni
perpaduan antara konvensional dan konsep digital. Hal tersebut dilakukan
untuk saling melengkapi, karena masing-masing konsep memiliki kelebihan
dan kelemahan tersendiri. Sehingga untuk menyempurnakan konsep yang
ada dilakukanlah perpaduan antara konsep konvensional dan digital public
relations dengan tujuan untuk menjalin relasi dan berkomunikasi dengan
publik, baik publik internal dan eksternal