Abstract :
Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh komunikasi word of
mouth yang terdiri atas talkers, topics, tools, taking part dan tracking secara
parsial terhadap keputusan pembelian produk Kaos Ngartun di Kota Yogyakarta,
(2) Pengaruh komunikasi word of mouth yang terdiri atas talkers, topics, tools,
taking part dan tracking secara simultan terhadap keputusan pembelian produk
Kaos Ngartun di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif yang bertujuan untuk melihat
pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh konsumen Kaos Ngartun. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Data
dikumpulkan menggunakan kusioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen
penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik yang
digunakan yaitu normalitas dan multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan
regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Komunikasi word of mouth yang terdiri atas
talkers, topics, tools, taking part dan tracking secara parsial berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Kaos Ngartun di Kota
Yogyakarta. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi masing-masing
dimensi, yaitu talkers (0,004), topics (0,000), tools (0,013), taking part (0,000)
dan tracking (0,000) lebih kecil dari 0,05, (2) Komunikasi word of mouth yang
terdiri atas talkers, topics, tools, taking part dan tracking secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Kaos
Ngartun di Kota Yogyakarta ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 lebih
kecil dari 0,000.