DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI WISATAWAN MANCANEGARA TENTANG COMMERCIAL VIDEO WONDERFUL INDONESIA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Peran Commercial Video Wonderful Indonesia Versi Tana Toraja, Makassar dalam Pembentukan Persepsi terhadap Objek Wisata Toraja oleh Wisata
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
PONGSISONDA, LIMONITA RIZKY RARA
Subject
Advertising 
Datestamp
2016-06-10 09:33:40 
Abstract :
Wonderful Indonesia adalah Branding Nasional yang dipilih oleh Pemerintah Indonesia untuk mewakili Indonesia di mata dunia sekaligus merepresentasikan kebanggaan masyarakatnya. Kebudayaan Indonesia yang begitu kaya membuat pihak Kementrian Pariwisata membuat strategi komunikasi pemasaran yang mumpuni dengan berbagai macam strategi online maupun offline. Salah satunya yaitu strategi online dengan melibatkan video-video promosi yang dibuat sesuai dengan keunikan masing-masing wilayah di Indonesia. Salah satunya video promosi Wonderful Indonesia Tana Toraja Makassar. Video promosi yang dibuat oleh Kementrian Pariwisata tentunya memiliki aspek audio dan visual yang baik karena melihat video-video ini adalah jalan untuk mengenalkan potensi kekayaan pariwisata Indonesia ke seluruh dunia. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk melihat peran iklan dalam membentuk persepsi. Dimana peran iklan yaitu sebagai pemberi informasi, sebagai pembawa pesan persuasi, sebagai pengingat, sebagai pendamping dan sebagai pemberi nilai mampu menuntun audiens untuk membentuk persepsi yang diharapkan positif. Pada akhirnya, peran iklan wonderful Indonesia dianggap berhasil membentuk persepsi yang positif tentang objek wisata oleh wisatawan mancanegara. Iklan yang telah mampu berperan sesuai fungsi-fungsinya secara bersama-sama membentuk persepsi positif para wisatawan mancanegara akan pariwisata di Toraja dan hal ini sesuai dengan harapan Pemeritah Indonesia yaitu Kementrrian Pariwisata dan ekonomi Kreatif. 

Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta