Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
PONGSISONDA, LIMONITA RIZKY RARA
Subject
Advertising
Datestamp
2016-06-10 09:33:40
Abstract :
Wonderful Indonesia adalah Branding Nasional yang dipilih oleh Pemerintah
Indonesia untuk mewakili Indonesia di mata dunia sekaligus merepresentasikan
kebanggaan masyarakatnya. Kebudayaan Indonesia yang begitu kaya membuat pihak
Kementrian Pariwisata membuat strategi komunikasi pemasaran yang mumpuni dengan
berbagai macam strategi online maupun offline.
Salah satunya yaitu strategi online dengan melibatkan video-video promosi yang
dibuat sesuai dengan keunikan masing-masing wilayah di Indonesia. Salah satunya video
promosi Wonderful Indonesia Tana Toraja Makassar. Video promosi yang dibuat oleh
Kementrian Pariwisata tentunya memiliki aspek audio dan visual yang baik karena
melihat video-video ini adalah jalan untuk mengenalkan potensi kekayaan pariwisata
Indonesia ke seluruh dunia.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yang
bertujuan untuk melihat peran iklan dalam membentuk persepsi. Dimana peran iklan
yaitu sebagai pemberi informasi, sebagai pembawa pesan persuasi, sebagai pengingat,
sebagai pendamping dan sebagai pemberi nilai mampu menuntun audiens untuk
membentuk persepsi yang diharapkan positif.
Pada akhirnya, peran iklan wonderful Indonesia dianggap berhasil membentuk
persepsi yang positif tentang objek wisata oleh wisatawan mancanegara. Iklan yang telah
mampu berperan sesuai fungsi-fungsinya secara bersama-sama membentuk persepsi
positif para wisatawan mancanegara akan pariwisata di Toraja dan hal ini sesuai dengan
harapan Pemeritah Indonesia yaitu Kementrrian Pariwisata dan ekonomi Kreatif.