Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah Untuk menguji secara empiris apakah persepsi
inovasi dapat meningkatkan pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja
manajerial.
Metode yang digunakan yaitu metode survey kuesioner yang mengambil
sampel sebanyak 90 Responden manajer tingkat bawah (lower) dan menengah
(middle), sebanyak 58 kuesioner yang kembali dan 5 kuesioner diisi dengan
lengkap dan dapat diolah. Data dikumpulkan diolah dengan menggunakan analisis
path untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung partisipasi anggaran
terhadap kinerja manajerial.
Hasil penelitian ini adalah nilai perkalian koefisien regresi pengaruh
partisipasi anggaran terhadap persepsi inovasi dengan koefisien regresi pengaruh
persepsi inovasi terhadap kinerja manajerial lebih besar daripada koefisien regresi
pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial (0,411 > 0,286) maka
dapat disimpulkan bahwa Persepsi inovasi mampu meningkatkan pengaruh
partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial.