DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KREDIBILITAS MODEL IKLAN TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN: STUDI PADA MODEL IKLAN SELEBRITI VERSUS SPOKESPERSON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Astyanti Putri, Febri
Subject
Pemasaran 
Datestamp
2016-06-09 09:44:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi kredibilitas dari model iklan terhadap niat beli konsumen. Selain itu, penelitian ini juga menguji perbedaan kredibilitas antara model iklan selebriti dan model iklan spokesperson. Sampel penelitian adalah mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang pernah melihat dan mengamati iklan Floridina Orange dan NutriSari. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 200 responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier sederhana, regresi linear berganda, dan uji Paired Sample t-Test dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik (attractiveness), kepercayaan (trustworthiness), dan keahlian (expertise) model iklan selebriti dan spokesperson berpengaruh terhadap niat beli konsumen. Selain itu, model selebriti memiliki daya tarik yang lebih kuat dari spokesperson dan model spokesperson memiliki kepercayaan dan keahlian yang lebih kuat dari selebriti. 
Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta