DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ASOSIASI MEREK PADA PREFERENSI KONSUMEN PADA PRODUK MINUMAN COLA: STUDI PADA KONSUMEN INDONESIA DAN MALAYSIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
JURU, PAULUS
Subject
Bisnis Internasional 
Datestamp
2016-06-16 12:12:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh asosiasi merek pada preferensi konsumen dengan menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Elangeswaran, Ragel (2014) dan Nizar (2014). Variabel-variabel yang digunakan adalah citra merek, sikap merek, persepsi kualitas, dan preferensi konsumen. Persaingan produk atau merek minuman bersoda rasa cola yakni Coca Cola dan Pepsi Cola di pasar Indonesia dan Malaysia merupakan fakta yang menarik, sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh asosiasi merek pada preferensi konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei berupa kuesioner yang dibagikan pada 123 orang responden Indonesia dan 120 orang responden Malaysia yang membeli dan mengkonsumsi minuman berkarbonasi rasa cola dengan merek Coca Cola dan Pepsi Cola. Analisis perhitungan data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS Statistic Version 23rd. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asosiasi merek pada merek Coca Cola pada konsumen Indonesia memiliki pengaruh sebesar 33,2% terhadap preferensi konsumen dan terdapat dua variabel yang mempengaruhi, yaitu: citra merek dan persepsi kualitas. Pepsi Cola memiliki pengaruh sebesar 31,1%, terhadap preferensi konsumen dengan adanya dua variabel yang mempengaruhi, yaitu: citra merek dan persepsi kualitas. Sedangkan, pada konsumen Malaysia, Coca Cola memiliki pengaruh sebesar 40,7% terhadap preferensi konsumen dengan adanya dua variabel yang mempengaruhi, yaitu: sikap merek dan persepsi kualitas. Pepsi Cola memiliki pengaruh sebesar 20,3%, terhadap preferensi konsumen dan terdapat hanya satu variabel yang mempengaruhi, yaitu: persepsi kualitas. 
Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta