DETAIL DOCUMENT
PERAN GENDER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRIA METROSEKSUAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
MAULID PRASETYO, REGIYAN
Subject
Manajemen Pemasaran 
Datestamp
2016-06-20 09:46:12 
Abstract :
Penelitian ini menganalisis tentang karakteristik peran gender serta perilaku konsumtif pria metroseksual, yang terdapat di beberapa kota besar di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecenderungan pria metroseksual berdasarkan pedoman Bem Sex Role Inventory (BSRI) dan mengkaji perilaku konsumtif pria metroseksual berdasarkan kecenderungan peran gender. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara terhadap 5 informan metroseksual sebagai pilot studi pertama dan menyebarkan kuesioner terhadap 138 responden dengan teknik analisis chi square dan crosstab untuk menunjukkan frekuensi dan atau persentase yang memberikan jawaban dalam kuesioner. Hasil dari penelitian ini didapatkan 4 kelompok peran gender yaitu maskulin, feminin, androgini, dan undifferentiated dari 138 responden, 8 orang tergolong dalam kelompok gender maskulin, 50 orang feminin, 26 orang androgini, dan 54 orang undifferentiated. Untuk hasil perilaku konsumtif pria metroseksual didapatkan 3 faktor dari penampilan non pakaian, yaitu durasi dandan dan pola belanja yang tidak berpengaruh signifikan terhadap 4 golongan peran gender, sedangkan faktor budget membeli pakaian berpengaruh signifikan terhadap peran gender, gender feminin memiliki kecenderungan budget membeli pakaian dengan jumlah yang besar. 
Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta