DETAIL DOCUMENT
ANALISIS DAN DESAIN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT INTELLIGENCE MENGGUNAKAN OLAP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
KURNIA WIJAYANTI, ELISABETH
Subject
Enterprise Inf System 
Datestamp
2016-06-24 11:59:16 
Abstract :
Teknologi Informasi (TI) berperan sebagai agen pengintegrasi dan pemampu (enabler) daya saing baru bagi perusahaan di pasar global. TI dapat digunakan untuk mendukung berbagai tujuan strategi (strategic objectives), termasuk pembuatan aplikasi yang inovatif, perubahan dalam proses bisnis, hubungan dengan partner bisnis, pengurangan biaya, mendapatkan (acquiring) inteligensi kompetitif, dll (Hemmatfar et al., 2010). Salah satu peranan SI di dalam dunia pendidikan adalah memastikan kita memperoleh informasi yang diperlukan pada saat dibutuhkan (Hamidi et al., 2011). Customer Relationship Management (CRM) merupakan proses untuk memaksimalkan nilai kepada pelanggan melalui berbagai tindakan baik secara online maupun secara tradisional (Turban & Volonino, 2012). Tujuan utama CRM adalah mendapatkan klien baru, memelihara dan menjaga klien tersebut. Saat ini UAJY belum mempunyai aplikasi Business Intelligence (BI) untuk CRM. Oleh sebab itu, diperlukan analisis dan desain aplikasi BI yang dapat digunakan untuk membantu dalam mengambil keputusan strategis pada level manajemen yang berhubungan dengan mendapatkan calon mahasiswa S1, mempertinggi (enhance) dan retensi mahasiswa S1 melalui analisis dan desain Customer Relationship Management Intelligence Menggunakan OLAP. Analisis dilakukan dengan menganalisis kebutuhan CRM Intelligence yang sesuai di UAJY. Setelah menganalisis, kemudian membuat desain gudang data dengan Extract Transform Load (ETL) dengan software OLAP. Output berupa analisis dan desain aplikasi BI yang mampu mendeliver indikator-indikator customer yang ingin didapatkan. 
Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta