Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi isi (content) iklan televisi di stasiun
televisi TRANS7 ditinjau berdasarkan durasi dan jam tayang prime time. Alat analisis yang
digunakan adalah metode analisis isi (content analysis method). Sampel yang digunakan pada
penelitian ini adalah iklan yang muncul pada jam tayang prime time (18.00 WIB ? 22 WIB)
di TRANS7. Hasil analisis isi (content analysis method) menunjukkan sebuah peta periklanan
di televisi, durasi iklan yang tayang, letak dan posisi iklan dalam jam tayang prime time dan
commercial break yang terjadi ketika program acara sedang berlangsung. Hal ini
mempermudah pengiklan untuk memantau pesainnya dalam hal pengiklanan, pengiklan juga
dapat memprediksi biaya yang harus dikeluarkan untuk iklan khususnya pada iklan televisi.
Dari ketiga tahapan proses manajemen yang ada, tahapan yang paling banyak diterapkan
adalah daya tarik pesan, hal ini membantu pengiklan untuk menarik perhatian pemirsa
televisi.