Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Tampubolon, Yoandriatur Barita
Subject
Pemasaran
Datestamp
2017-08-15 10:07:20
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan nilai pengalaman dan
gaya hidup yang membedakan kepuasan konsumen dalam memainkan game online di
Yogyakarta. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 133 responden yang
merupakan konsumen game online (gamers) di Yogyakarta. Analisis data dalam penelitian
ini menggunakan analasis frekuensi untuk mengetahui profil dan karakteristik responden,
analisis Indepent t-test untuk mengetahui perbedaan kepuasan gamers terhadap nilai
pengalaman dan gaya hidup. One way Anova untuk mengetahui perbedaan kepuasan gamers
terhadap nilai pengalaman dan gaya hidup.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa variabel dari nilai
pengalaman dan gaya hidup yang memiliki tingkat perbedaan kepuasan gamers dalam
memainkan game online. Jika ditinjau dari variabel nilai pengalaman, yang berpengaruh
secara signifikan terhadap kepuasan gamers adalah pilihan desain konten dan multiple,
efisiensi dan respon layanan dan ROI, kualitas dan kemapuan koneksi, fungsi sosial,
mengejar kecepatan dan pemakaian berlebihan, rasa keterlibatan, empati dan escapism,
privasi dan anonimitas. Sedangkan untuk variabel gaya hidup, yang berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan gamers adalah orientasi merk, kelompok referensi, mencari
informasi baru, penekanan pada kesehatan dan kebebasan.