Abstract :
Product/Brand Placement merupakan suatu strategi yang dilakukan oleh banyak perusahaan
periklanan maupun perusahaan pengiklan untuk menampilkan produknya dengan kesan
bahwa keberadaan produk tersebut seolah-olah menjadi bagian dari suatu tayangan. Untuk
dapat menarik perhatian, suatu strategi harus dirancang dengan baik dan benar. Banyak
strategi yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menarik perhatian pemirsa.
Penggunaan acara televisi yang menarik dan tokoh idola (artis) adalah yang melatar
belakangi beberapa perusahaan pengiklan untuk melakukan strategi brand placement. Hasil
penelitian ini memberikan bukti yang nyata bahwa terdapat 5 faktor yang mempengaruhi
sikap konsumen terhadap brand placement logo produk yamaha dalam acara Indonesia
Mencari Bakat 2011. Faktor yang mempengaruhi sikap konsumen pada acara tersebut yaitu
(1) Kesesuaian, (2) Etika dan Regulasi, (3) Perhatian, (4) Referensi, (5) Ketertarikan. Dan
dalam penelitian ini faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi sikap konsumen
terhadap brand placement produk logo yamaha dalam acara televisi Indonesia Mencari Bakat
2011 adalah faktor kesesuain.