Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi seseorang pada saat ini
mengenai perbedaan persepsi konsumen terhadap handphone cina dan non cina.
Dalam penelitian ini, sumber data yang disajikan adalah data primer yaitu data
yang langsung diambil dari objek penelitian, sedangkan usaha untuk memperoleh
data yang dibutuhkan, metode yang digunakan adalah Kuesioner (daftar
pertanyaan) Pengajuan kuesioner ini dilakukan dengan mengajukan daftar
pertanyaan tertulis dalam suatu daftar pertanyaan kepada responden. Kuesioner ini
menggunakan sistem tertutup, yaitu bentuk pertanyaan yang disertai alternatif
jawaban dan responden tinggal memilih salah satu dari alternatif jawaban tersebut.
Dalam penelitian ini, pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan metode ?Sampling Aksidental?, yaitu teknik penentuan sampel
berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan
peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan
ditemui itu cocok sebagai sumber data. Dan alat ukur yang digunakan untuk
mengetahui perbedaan persepsi konsumen terhadap kualitas handphone cina dan
non cina yaitu Independent Sample T-Test. Data pada penelitian ini diperoleh dari
penyebaran kuesioner pada 100 orang responden.
Hasil penelitian ini memberikan bukti bahwa, persepsi konsumen pada
produk handphone merek Cina lebih baik pada variabel aksesoris dan paket.
Konsumen memiliki konsumen persepsi yang sama pada variabel fitur. Pada
variabel performasi dan konektivitas, persepsi konsumen masih lebih baik pada
produk handphone merek non Cina dibandingkan produk handphone merek Cina.
Hasil analisis ini mengindikasikan bahwa untuk aksesoris dan paket yang
diberikan dari produsen handphone, handphone merek Cina dipandang telah
mampu mengakomodasi dengan lebih baik atas kebutuhan konsumen
dibandingkan handphone merek non Cina