DETAIL DOCUMENT
METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-MUYASSAR LASEM REMBANG JAWA TENGAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Alma Ata
Author
Saad, Muhammad
Subject
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 
Datestamp
2020-04-07 04:14:55 
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah susahnya menghafal Al-Qur?an dan memakan waktu yang lama dalam proses menghafalkannya sehingga memperlukan memperlukan beberapa metode menghafal yang tepat dan yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan penerapan menghafal Al-Qur?an dan untuk mengatahui faktor pendukung dan penghambat proses menghafal Al-Qur?an di Pondok Pesantren Al-Muyassar Lasem. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjawab rumusan masalah sebagai berikut: (1) penerapan menghafal Al-Qur?an di Pondok Pesantren Al-Muyassar Lasem Rembang Jawa Tengah yaitu Metode setoran ialah memperdengarkan hafalan ayat-ayat baru kepada pengasuh. Kegiatan setoran ini dilakukan setiap hari setelah sholat magrib berjama?ah. Sebelum melakukan setoran hafalan di hadapan pengasuh, para santri melakukan beberapa tahap persiapan. Metode murojaah adalah metode mengulang hafalan yang sudah disimak oleh pengasuh yang fungsinya agar hafalannya tidak lupa. Metode tes yang dilakukan setiap tiga bulan sekali. Santri yang lulus tes hafalannya boleh melanjutkan hafalan baru sedangkan santri yang tidak lulus tes hafalan tidak boleh menambah hafalannya tapi harus mengulang hafalnya yang belum fasih selama tiga bulan lagi. (2) pendukung dan penghambat yaitu tingkat kecerdasaan berbeda-beda, banyak ayat Al-Qur?an serupa. 
Institution Info

Universitas Alma Ata