DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL REMAJA DENGAN PERILAKU BULLYING DI SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA
Total View This Week32
Institusion
Universitas Alma Ata
Author
Yudistira, Anggit Nanda
Subject
ILMU KEPERAWATAN 
Datestamp
2020-06-08 03:38:02 
Abstract :
Latar Belakang : Remaja merupakan suatu masa dimana seorang anak berada pada fase terpenting diperkembangannya dimana terjadi perubahan dari fase anakanak menuju fase dewasa. Dalam periode ini remaja dapat beresiko tinggi untuk melakukan berbagai penyimpangan, salah satu contohnya adalah bullying. Perilaku bullying tersebut dapat terjadi dalam interaksi sosial remaja dengan teman sebaya. Interaksi sosial ini merupakan salah satu dari aspek dalam perkembangan psikososial. Tujuan : Mengidentifikasikan hubungan perkembangan psikososial remaja dengan perilaku bullying di SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik total sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 106 orang siswa kelas 8 di SMP PGRI Kasihan Bantul. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah kuesioner perkembangan psikososial remaja dan kuesioner perilaku bullying. Analisis Bivariat pada penenlitian ini menggunakan uji Spearman Rank. Hasil Penelitian : Perkembangan psikososial remaja sebagian besar masuk kategori cukup sebanyak 59 responden (70,2%) dan perilaku bullying sebagian besar termasuk dalam kategori rendah sebanyak 71 responden (84,5%). Berdasarkan hasil analisis Spearman Rank diperoleh nilai p-value -0,301 yang artinya ada hubungan antara Perkembangan Psikososial Remaja dengan perilaku bullying di SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta. Simpulan : Ada hubungan antara perkembangan psikososial remaja dengan perilaku bullying di SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta. 
Institution Info

Universitas Alma Ata