DETAIL DOCUMENT
Analisis Praktek Penjualan Para Pedagang Sembako Muslim Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
Total View This Week2
Institusion
Universitas Alma Ata
Author
Adim, Abd
Subject
EKONOMI SYARIAH 
Datestamp
2020-06-12 02:27:14 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapakah pedagang sembako muslim dalam mempraktekkan etika bisnis Islam yang telah di contohkan oleh Rasulullah Saw, dimana dalam aktivitas ekonomi tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai dasar yang telah ditetapkan dalam alqur’an, hadis Nabi dan sumber- sumber ajaran Islam lainnya, sebagaimana ekonomi konvensional, sistem ekonomi Islam juga membicarakan tentang aktifitas manusia untuk mendapatkan dan mengatur harta material ataupun non material dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sebagai manusia baik secara individual maupun kolektif yang menyangkut perolehan, pendistribusian (perdagagan) atau penggunaan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dapat dilihat sistem ekonomi Islam di Pasar Tradisional Ambarketawang Kabupaten Sleman, yang mayoritas pedagangnya muslim. Etika Bisnis Islam adalah seperangkat nilai, aturan maupun tata cara yang dijadikan pedoman dalam berbisnis sehingga aktifitas bisnis yang dilakukan tidak menyimpang dari ajaran Islam. Jadi, antara etika dengan bisnis merupakan dua hal yang berhubungan sehingga menghasilkan suatu tatanan bisnis yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak. Kata Kunci: Penjualan, Etika Bisnis Islam dan Pedagang Sembako. 
Institution Info

Universitas Alma Ata