Abstract :
Mastura Abdullah. Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam menerapkan
Kedisiplinan Guru di MI Ma’arif Garongan, Kulonprogo 2017/2018.
Skripsi.Yogyakara : Studi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas
Agama Islam. Universitas Alma Ata Yogyakarta.2018 Penelitian ini dilatar
belakangi oleh kedisiplinan guru datang kantor tidak sesuai jam kantor, masih
maraknya kelas kosong disaat jam pelajaran, kedisiplinan menjadi titik
permasalahannya. Kedisiplinan seorang guru sangat mempengaruhi kedisiplinan
siswa, jika kedisiplinan guru baik akan berdampak positif pada siswa begitupun
sebaliknya. Disamping itu ada sosok figur yang menjadi panutan atau pemimpin
yang berperan penting dalam dunia sekolah yaitu kepala sekolah. Oleh sebab itu
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam
menerapkan kedisiplinan guru di sekolah MI Ma’arif Garongan, Kulonprogo
Yogyakarta. Dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam
menerapkan kedisiplinan guru di MI Ma’arif Garongan Kulonprogo Yogyakarta.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Anaisis Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Kepala sekolah dalam
menerapkan kedisiplinan guru di MI Ma’arif Garongan Kulonprogo Yogyakarta.
adalah: Kepala sekolah berperan sebagai pelaksana, perencana, seorang ahli,
pelindung, Pemegang tanggung jawab, sebagai pencipta, dan sebagai wasit. 2)
faktor penghambat serta solusi kepala sekolah dalam menerapkan kedisiplinan
guru di MI Ma’arif Garongan Kulonprogo Yogyakarta adalah faktor keadaan
keluarga, keadaan sekolah, keadaan masyarakat. sedangkan solusi kepala sekolah
dalam menerapkan kedisiplinan guru di MI Ma’arif Garongan adalah melakukan
musyawarah bersama untuk mencari jalan keluar.
Kata Kunci : Kedisiplinan guru, peran kepala sekolah