Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas
V MI Tanwirul Huda Majenang dimungkinkan karena kurangnya minat belajar
dan motivasi belajar. Pembelajaran belum menggunakan strategi pembelajaran
yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuanuntuk
mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan strategi pembelajaran
kooperatif make a match Kelas V MI Tanwirul Huda Majenang dan mengetahui
peningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V MI Tanwirul Huda Majenang
dengan menggunakanstrategi pembelajaran kooperatif make a match.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
tindakan kelas ini terlaksana sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdiri dari
dua pertemuan.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai November
2015 dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V MI Tanwirul Huda dengan
sejumlah 27 siswa: laki-laki 14 dan perempuan 13. Pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara, test dan dokumentasi. Tehnik pengambilan data
dilakukan lembar observasi dan test yaitu pretest dan posttest.
Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil jika 80% hasil belajar
siswa mengalami ketuntasan KKM yaitu 70.Berdasarkan data penelitian yang
diperoleh, penerapan
strategi pembelajaran kooperatifmake
a
matchdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelas VMI Tanwirul Huda
Majenang.Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata
kelas pada siklus I yaitu sebesar 67,14 dengan nilai tertinggi 90 dan presentase
ketuntasan sebesar 70,37%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas
meningkat menjadi 79,28 dengan nilai tertinggi 100 dan persentase ketuntasan
sebesar 92,59%.
Kata Kunci : Pembelajaran IPA MI, Make a Match, Prestasi Belajar