Abstract :
Latar Belakang: Pembangunan pariwisata memiliki peran signifikan dalam aspek
ekonomi, social, dan lingkungan. Dari asprk ekonomi, sektor pariwisata
mengkontribusikan devisa dari kunjungan wisatawan mancanegara dan produk domestik
bruto (PDB). Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi
salah satunya melalui media social instagram dengan basis share foto atau video
menjadikan suatu pariwisata semakin mudah dikenal. Dengan adanya instagram dapat
menjadikan minat berkunjung wisatawan ke suatu destinasi wisata meningkat. Selain
instagram, citra destinasi juga menjadi pertimbangan penting wisatawan dalam memilih
suatu destinasi wisata untuk dikunjungi.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh instagram dan citra destinasi terhadap
minat berkunjung secara parsial dan simultan.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian
ini adalah wisatawan yang berkunjung di wisata Kalibiru, Kulon Progo dengan sampel
sebanyak 97 responden diambil menggunakan rumus Lemeshow dengan teknik
accidental sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Dan teknik
analisis data menggunakan analisis regresi linier bergandan dengan bantuan aplikasi
SPSS 23.
Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t
menunjukkan variabel independen (X1) instagram berpengaruh terhadap minat
berkunjung sebesar 2.064 dengan nilai sig sebesar 0.042 < 0.05 dan (X2) citra destinasi
berpengaruh terhadap minat berkunjung sebesar 6.400 dengan nilai sig sebesar 0.000 <
0.05. Hasil penelitian menggunakan uji f menunjukkan bahwa variabel instagram dan
citra destinasi secara simultan berpengaruh terhadap minat berkunjung sebesar 32.875 >
3.94 dengan sig 0.000 < 0.05.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara instagram dan citra
destinasi terhadap minat berkunjung.
Kata Kunci: Instagram, Citra Destinasi, Minat Berkunjung