DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG (Studi Kasus Wisata Kalibiru Kulon Progo)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Alma Ata
Author
Nursita, Annisa
Subject
EKONOMI SYARIAH 
Datestamp
2021-08-03 06:58:17 
Abstract :
Latar Belakang: Pembangunan pariwisata memiliki peran signifikan dalam aspek ekonomi, social, dan lingkungan. Dari asprk ekonomi, sektor pariwisata mengkontribusikan devisa dari kunjungan wisatawan mancanegara dan produk domestik bruto (PDB). Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi salah satunya melalui media social instagram dengan basis share foto atau video menjadikan suatu pariwisata semakin mudah dikenal. Dengan adanya instagram dapat menjadikan minat berkunjung wisatawan ke suatu destinasi wisata meningkat. Selain instagram, citra destinasi juga menjadi pertimbangan penting wisatawan dalam memilih suatu destinasi wisata untuk dikunjungi. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh instagram dan citra destinasi terhadap minat berkunjung secara parsial dan simultan. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung di wisata Kalibiru, Kulon Progo dengan sampel sebanyak 97 responden diambil menggunakan rumus Lemeshow dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier bergandan dengan bantuan aplikasi SPSS 23. Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t menunjukkan variabel independen (X1) instagram berpengaruh terhadap minat berkunjung sebesar 2.064 dengan nilai sig sebesar 0.042 < 0.05 dan (X2) citra destinasi berpengaruh terhadap minat berkunjung sebesar 6.400 dengan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. Hasil penelitian menggunakan uji f menunjukkan bahwa variabel instagram dan citra destinasi secara simultan berpengaruh terhadap minat berkunjung sebesar 32.875 > 3.94 dengan sig 0.000 < 0.05. Kesimpulan: Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara instagram dan citra destinasi terhadap minat berkunjung. Kata Kunci: Instagram, Citra Destinasi, Minat Berkunjung 
Institution Info

Universitas Alma Ata