Abstract :
Latar Belakang: Seiring dengan perkembangan kegiatan dunia agrobisnis di Indonesia,
terutama di Yogyakarta semua mengutamakan kualitas pelayanan yang maksimal dan kualitas
produk terbaik demi terwujudnya usaha bisnis yang unggul dari pesaing lain. Hal ini salah
satunya yang dilakukan oleh Vista Agro Yogyakarta untuk mengutamakan kepuasan
konsumen dalam melakukan transaksi di dalamnya.
Tujuan: Untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan dan kualitas produk dengan
akad salam terhadap kepuasan konsumen di Vista Agro Yogyakarta
Metodologi: Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Dengan metode pengumpulan data
simple random sampling dengan jumlah sampel 63 orang yang melakukan transaksi pembelian
dengan akad salam di Vista Agro Yogyakarta, penelitian ini juga menggunakan observasi,
koesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji analisis
deskriptif, uji regresi linear berganda, uji parsial (t), uji simultan (f) dan koefesien determinasi
(R
2
).
Hasil: Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen, hal ini tunjukkan dari hasil t hitung sebesar 2,408 dengan nilai
signifikan 0,019. Variabel kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen.
Hal itu berdasarkan hasil t hitung sebesar 4,614 dengan nilai signifikan 0,009. Berdasarkan
dengan hasil pengujian f simultan memproleh nilai f hitung sebesar 18,548 dan nilai signifikan
0,000 yang artinya variabel X1 dan variabel X2 berpengaruh terhadap variabel Y secara
simultan atau secara bersamaan.
Kesimpulan: Kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen di Vista Agro Yogyakarta.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Vista Agro
Sleman.