Abstract :
Latar Belakang: Perkembangan teknologi saat ini sangat cepat dan pesat. Hal itu
berdampak pada adanya perubahan perilaku konsumen dimana saat ini masyarakat
cenderung memaksimalkan manfaat kecanggihan teknologi. Salah satunya yaitu
dengan berbelanja online. Berbelanja online sangat efektif dan efisien tetapi juga
memiliki resiko yang besar karena pembeli diharuskan mempercayai sesuatu yang
belum dilihatnya.
Tujuan: untuk mengetahui atau mengukur seberapa besar pengaruh Kemenarikan
desain Website dan Kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen
terhadap suatu produk.
Metodelogi: jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Dengan metode
pengumpulan data nonprobability sampling dengan jumlah sampel 67 orang yang
pernah melakukan pembelian online pada website, penelitian juga menggunakan
obesevasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah uji analisis deskriptif, uji regresi linier berganda, uji parsial (t), uji simultan
(f), dan uji koefisien determinasi (R
).
Hasil: berdasarkan uji t menunjukkan bahwa variabel kemenarikan desain website
berpengaruh terhadap keputusan pembelian online, hal ini tunjukkan dari hasil t
hitung sebesa 2,654 dengan nilai signifikan 0,010 Variabel kepercayaab
mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian online hal itu berdasarkan
hasil t hitung sebesar 4,686 dengan nilai signifikan 0,000 Berdasarkan dengan
hasil pengujian f simultan memproleh nilai f hitung sebesar 81,962 dan nilai
signifikan 0,000 yang artinya variabel X1 dan variabel X2 berpengaruh terhadap
variabel Y secara simultan atau secara bersamaan.
Kesimpulan: kemenarikan desain website dan kepercayaan berpengaruh secara
parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian online
Kata kunci: Kemenarikan Desain Website, Kepercayaan Keputusan
Pembelian Online