Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran toko sepeda
Nosabike dalam menawarkan sepeda fixie melalui media sosial. Penelitian ini bersifat kualitatif,
Subyek penelitian dalam penelitian adalah pemilik toko sepeda Nosabike dan karyawan yang
bekerja di Nosabike. Obyek penelitian ini strategi pemasaran yang diterapakan pemilik toko
sepeda Nosabike melalui media sosial. Metode yang digunakan ialah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, analisis swot dan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis SWOT yang digambarkan dengan menggunakan diagram
SWOT menunjukkan kondisi toko sepeda Nosabike berada dalam Kuadran I A artinya strategi
pemasaran toko sepeda Nosabike memiliki kekuatan lebih tinggi dari pada peluang sehingga dapat
disimpulkan bahwa toko sepeda Nosabike dapat bersaing dari pesaing baru lebih kuat dan juga
toko sepeda fixie Nosabike dapat memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mempetahankan
tokonya. Posisi ini menandakan pemasar yang mampu bersaing dan mempunyai peluang lebih
besar.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Media Sosial.