Institusion
Universitas Alma Ata
Author
AGUSTRIANI, SKep
KIRNANTORO, SKM.,M.Kes
Subject
ILMU KEPERAWATAN
Datestamp
2017-12-26 02:42:32
Abstract :
Latar Belakang: Dysmenorrhea adalah masalah kesehatan umum reproduksi yang terjadi
terutama antara siswa perempuan dalam haid mereka. Hal ini terkait dengan dampak negatif
terhadap aktivitas kegiatan termasuk akademik, sosial, dan kegiatan olah raga dan juga menjadi
penyebab utama absen pada siswa perempuan.
Tujuan: Untuk menentukan hubungan antara Dysmenorrhea dan kegiatan belajar pada siswa
perempuan di Sekolah Keperawatan, Stikes Alma Ata.
Metode: Penelitian ini merupakan rancangan penelitian colerational analitik cross sectional.
Sampel terdiri benar-benar diambil 35 siswa perempuan yang menderita Dysmenorrhea pada
sebelumnya tiga bulan. Tingkat Dysmenorrhea diukur menggunakan Categorical Rating Scale
dan kuesioner menggunakan untuk kegiatan belajar diukur dari siswa perempuan.
Hasil: siswa yang tidak menderita Dysmenorrhea di tiga bulan sebelumnya dikeluarkan dari
analisis data. Prevalensi Dysmenorrhea adalah (n = 35); ini, 45,7% di jelaskan tingkat nyeri haid
berat, 40,0% sebagai sedang, dan 14,3% sebagai ringan. Kegiatan belajar pada siswa perempuan
ketika mengalami Dysmenorrhea cukup terganggu (74,3%) dan sangat terganggu (11,4%). Hasil
uji memperlihatkan hubungan yang signifikan antara Dysmenorrhea dan kegiatan belajar antara
siswa perempuan sebesar 0,005 < ? (0,05)
Kesimpulan: ada hubungan antara aktivitas Dysmenorrhea dan belajar di antara siswa
perempuan.
Kata Kunci: Dysmenorrhea, Aktivitas belajar.