Abstract :
HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP TINGKAT KEPUASAN
PASIEN UMUM RAWAT JALAN DI RS Dr. SOETARTO YOGYAKARTA
Astri Lestiani1, Raden Jaka Sarwadhamana 1
, Fatma Siti Fatimah 1
, Imram
Radne Rimba Putri1
. Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu
Kesehatan
Universitas Alma Ata
E-mail :
190600052@almaata.ac.id
fatmasitifatimah@almaata.ac.id
jaka.sarwadhamana@almaata.ac.id
imramradne@almaata.ac.id
INTISARI
Latar belakang: Berdasarkan profil kesehatan Indonesia dari tahun 2017 hingga
2021, terjadi peningkatan 9,6% jumlah rumah sakit di Indonesia yang
dikembangkan dengan tujuan agar pelayanan kesehatan lebih mudah diakses
oleh masyarakat dan tercapainya tingkat kesehatan masyarakat yang lebih baik.
Oleh karena itu, rumah sakit berusaha menciptakan rumah sakit yang berdaya
saing dan membangun kepercayaan masyarakat dengan membangun pelayanan
medis yang berkualitas. Pelayanan yang berkualitas dapat dilihat dari feedback
pasien melalui karakteristik individu pasien yang seharusnya dapat menimbulkan
respon emosional yang sama atau berbeda. Respon ini sangat ditentukan oleh
latar belakang individu seperti usia, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan
pekerjaan. Besarnya pengaruh karakteristik pasien terhadap mutu pelayanan
perawatan di rumah sakit dapat menimbulkan rasa puas atau tidak puas atas
pelayanan yang diberikan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik individu
terhadap kepuasan pasien umum rawat jalan RS Dr. Soetarto Yogyakarta.
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan
penelitian cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah nonprobability
sampling dengan jenis accidental sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 92
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder dari penelitian
sebelumnya. Uji statistik yang digunakan adalah uji Kendal Tau.
Hasil : Hasil menunjukkan bahwa setiap indikator karakteristik yang diantaranya
jenis kelamin, usia, pendidikan dan pekerjaan hasilnya berbeda. indikator jenis
kelamin tidak memiliki kolerasi / hubungan sebab nilai nilai signifikansi > 0.050
yaitu 0.451 dengan nilai koefisien kolerasi -.078. Pada indikator pekerjaan tidak
memiliki hubungan sebab nilai signifikansi > 0.050 yaitu 0.200 dengan nilai
koefisien kolerasi -.132. dan indikator usia tidak memiliki hubungan sebab nilai
signifikansi > 0.050 yaitu 0.474 dengan nilai koefisien kolerasi 0.061. sedangkan
indikator pendidikan memiliki hubungan sebab nilai signifikansi < 0.050 yaitu 0.009
dengan nilai koefisien kolerasi 0.726.
Kesimpulan : Indikator Jenis Kelamin, Pekerjaan dan Usia tidak memiliki
hubungan terhadap kepuasan pasien sedangkan indikator pendidikan memiliki
hubungan terhadap kepuasan pasien rawat jalan RS Dr. Soetarto Yogyakarta.
Kata Kunci: karakteristik individu, kepuasan pasien, pasien rawat jalan.
Keterangan:
1 Program Studi S1 Administrasi Rumah Sakit Fakultas ilmu-ilmu Kesehatan
Universitas Alma ata Yogyakarta