Abstract :
HUNUNGAN KARAKTERISTIK PASIENRAWATJALAN
TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RS Dr. SOETARTO
YOGYAKARTA TAHUN 2023
Farida Ajmi Zubaida, Anafrin Yugityowati, Imram Radne Rimba Putri
Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan
Universitas Alma Ata
E-mail:
190600058@almaata.ac.id
imramradne@uaa.ac.id
anafrin22ners@yaho.co.id
Latar Belakang: Rumah sakit harus selalu meningkatkan kualitas pelayanan
sesuai yang diharapkan untuk memenuhi dan meningkatkan kepuasan pasien
salah satunya ditentukan oleh sumber daya manusia yang dimiliki. Semakin
meningkatnya kualitas pelayanan disuatu rumah sakit maka diharapkan mampu
memenuhi harapan dari pasien sehingga hal ini memberikan hasil kepuasan
pasien. Pemantauan terhadap tingkat kepuasan pasien tentunya menjadi target
oleh setiap rumah sakit karena sebagai salah satu indikator kualitas pelayanan.
Tujuan: Mengetahui Hubungan Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas
Pelayanan Rawat Jalan di RS Dr.Soetarto Yogyakarta Tahun 2023
Metode Penelitian: jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan
rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
pasien rawat jalan di Rumah Sakit Dr. Soetarto. Teknik sampel yang digunakan
adalah nonprobability sampling dengan jenis accidental sampling. Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 92 responden. Kuesioner penelitian ini menggunakan
kuesioner kualitas pelayanan dan kuesioner kepuasan pasien. Uji statistik yang di
gunakan adalah uji Kendall Tau.
Hasil Penelitian: Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada nya hubungan
hubungan terkait hubungan karakteristik pasien rawat jalan terhadap kualitas
pasien di RS Dr. Soetarto Yogyakarta.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara karakteristik pasien rawat
jalab dengan kualitas pelayanan di RS Dr. Soetarto Yogyakarta.
Kata Kunci:
Karakteristik,Kualitas,Pelayanan,
Rumah Salit