Abstract :
ANALISIS INFLASI PADA HARI RAYA IDUL FITRI DI INDONESIA PRIODE
2012-2022:
PENDEKATAN ARIMA
Miftakhul Huda ,
Email: 162200151@almaata.ac.id
INTISARI
Latar Belakang: Salah satu fenomena ekonomi yang sangat penting dan yang terus dijumpai di
hampir seluruh negara di dunia adalah inflasi. Secara singkat, inflasi didefinisikan sebagai kenaikan
harga-harga secara umum dalam waktu dan tempat tertentu. Jika kenaikan harga yang terjadi hanya
pada satu atau dua jenis barang saja, fenomena tersebut belum dapat dikatakan inflasi. Kecuali jika
kenaikan satu atau dua barang tersebut menyebabkan kenaikan harga barang-barang lainnya secara
meluas.
Tujuan Penelitian: tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya Hari Besar
Keagamaan Nasional (Idul Fitri) terhadap inflasi di Indonesia selama HBKN, dan mengetahui apakah
tingginya permintaan hari raya terbut menyebabkan tingkat inflasi naik atau tidak.
Metode Penelitian: Berdasarkan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena dalam
pelaksanaannya meliputi data, analisis dan interpretasi tentang arti dan data yang diperoleh. Penelitian
ini disusun sebagai penelitian induktif yakni mencari dan mengumpulkan data yang ada dilapangan
dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh, unsur-unsur bentuk dan suatu sifat fenomena di
masyarakat Indonesia. Uji statistik yang di gunakan yaitu metode ARIMA.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada secara serentak semua variabel inflasi kelompok
barang dan jasa di Indonesia mempengaruhi inflasi di Indonesia, Akan tetapi secara parsial inflasi
ketika memasuki Bulan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia tidak memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap inflasi di Indonesia.
Kesimpulan: secara serentak semua variabel inflasi kelompok barang dan jasa di Indonesia
mempengaruhi inflasi di Indonesia. Akan tetapi secara parsial inflasi ketika memasuki Bulan Hari
Raya Idul Fitri di Indonesia tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap inflasi di Indonesia.
Kata Kunci: Idul Fitri, Barang dan jasa, Inflasi.