Abstract :
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN
TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD Dr. H.
CHASAN BOESOIRIE TERNATE
Mutia Risang Reforwati M. Soleh
1
, Fatma Siti Fatimah
2
,
Eliza Dwinta
3
1
Program Studi (S1) Farmasi, Fakultas Ilmu-Ilmu
Kesehatan,Universitas Alma Ata
2
Program Studi (S1) Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan,
Universitas Alma
ABSTRAK
Pendahuluan: Pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Umum Daerah Ternate
merupakan salah satu pelayanan yang memiliki jumlah kunjungan pasien yang
selalu meningkat setiap harinya. Untuk menjaga pasien tetap memilih produk
pelayanan di apotek, rumah sakit harus mampu memenuhi kebutuhan pasien
sehingga muncul kepuasan.
Tujuan: Penelitian adalah untuk menganalisis kesejangan pada kualitas
pelayanan dan tingkat kepuasan berdasarkan harapan dan kenyataan pelayanan
yang diperoleh pasien.
Metode Penelitian: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
cross sectional dengan jumlah sampel 75 responden. Pengambilan sampel
dilakukan secara simple random sampling. Metode penelitian adalah survei dengan
instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan uji beda (gap).
Hasil: Penelitian ini menunjukan hasil bahwa nilai gap antara harapan dan relitas
adalah bukti fisik (-0,25), empati (0-0,07), kehandalan (-0,11), jaminan (-0,20)
dan ketanggapan (-0,47).
Kesimpulan: Hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian
berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD dr. Chasan Basoeri
Ternate dengan tingkat kepuasan secara berurutan tertinggi adalah ketanggapan,
bukti fisik, jaminan, kehandalan dan empati. Hal ini berarti semua dimensi kualitas
pelayanan yang harus dijadikan prioritas utama dalam upaya perbaikan kualitas
dalam pelayanan kepada pasien
Kata Kunci Kualitas Pelayanan, Kefarmasian, Kepuasan Pasien