Abstract :
Masa Pandemi Corona menjadi masa yang mencekam untuk segala sektor
kehidupan, terutama dalam sektor perekonomian. Terutama dalam bisnis food
and beberage seperti coffe shop. Dan pertumbuhan bisnis atau usaha Kedai
Kopi saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Tahun
2014 jumlah kedai kopi di DIY tercatat 350 kedai, tahun 2015 berkembang
menjadi 600 kedai, tahun 2018 mencapai 1.100 kedai Bento Kopi sendiri
merupakan tempat minum kopi dan nongkrong dengan vibes tempat yang
sederhana, harga terjangkau dan suasana yang nyaman. Menjamurnya coffe
shop, perusahaan ketat dalam memanag usahanya agar produknya eksis di
pasaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui manajemen Bento Kopi
dalam promosi, kualitas kinerja karyawan terhadap kepuasan pelanggan,
yang menjadikan Bento Kopi eksis hingga saat ini.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada pelanggan Bento Kopi
cabang UAD dengan rentang usia >17 tahun, dengan sampel sejumlah 100
responden. Analisis statistik dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif,
analisis analisis asumsi klasik dan uji hipitesis.
Hasil uji hipotesis (H1) menunjukkan nilai Sig. pengaruh XI (promosi)
terhadap Y (kepuasan pelanggan) yaitu sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung
> t tabel (4,239 > 1,985). Hipotesis kedua (H2) diketahui nilai Sig. pengaruh
X2 (kualitas kinerja karyawan) terhadap Y (kepuasan pelanggan) sebesar
0,000< 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (5,429 > 1,985). Adapun uji F (H3)
diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000< 0,05 dengan nilai F hitung > F tabel (60,769
> 3,09). Jadi kesimpulan penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan
baik secara persial ataupun simultan antara variabel independen (promosi dan
kualitas kinerja karyawan) terhadap variabel dependan (kepuasan pelanggan).
Kata Kunci : Promosi, Kualitas Kinerja Karyawan, Kepuasan Pelanggan