DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS KINERJA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bento Kopi Cabang UAD Tahun 2022)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Alma Ata
Author
Putra Wijaya, Tri Prasetyo
Subject
EKONOMI SYARIAH 
Datestamp
2024-03-06 02:19:23 
Abstract :
Masa Pandemi Corona menjadi masa yang mencekam untuk segala sektor kehidupan, terutama dalam sektor perekonomian. Terutama dalam bisnis food and beberage seperti coffe shop. Dan pertumbuhan bisnis atau usaha Kedai Kopi saat ini sedang menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Tahun 2014 jumlah kedai kopi di DIY tercatat 350 kedai, tahun 2015 berkembang menjadi 600 kedai, tahun 2018 mencapai 1.100 kedai Bento Kopi sendiri merupakan tempat minum kopi dan nongkrong dengan vibes tempat yang sederhana, harga terjangkau dan suasana yang nyaman. Menjamurnya coffe shop, perusahaan ketat dalam memanag usahanya agar produknya eksis di pasaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui manajemen Bento Kopi dalam promosi, kualitas kinerja karyawan terhadap kepuasan pelanggan, yang menjadikan Bento Kopi eksis hingga saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner kepada pelanggan Bento Kopi cabang UAD dengan rentang usia >17 tahun, dengan sampel sejumlah 100 responden. Analisis statistik dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif, analisis analisis asumsi klasik dan uji hipitesis. Hasil uji hipotesis (H1) menunjukkan nilai Sig. pengaruh XI (promosi) terhadap Y (kepuasan pelanggan) yaitu sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (4,239 > 1,985). Hipotesis kedua (H2) diketahui nilai Sig. pengaruh X2 (kualitas kinerja karyawan) terhadap Y (kepuasan pelanggan) sebesar 0,000< 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (5,429 > 1,985). Adapun uji F (H3) diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000< 0,05 dengan nilai F hitung > F tabel (60,769 > 3,09). Jadi kesimpulan penelitian ini, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan baik secara persial ataupun simultan antara variabel independen (promosi dan kualitas kinerja karyawan) terhadap variabel dependan (kepuasan pelanggan). Kata Kunci : Promosi, Kualitas Kinerja Karyawan, Kepuasan Pelanggan 
Institution Info

Universitas Alma Ata