Abstract :
HUBUNGAN KETERPAPARAN IKLAN OBAT TERHADAP PERSEPSI
MAHASISWI NON KESEHATAN DI UNIVERSITAS ALMA ATA
TENTANG SWAMEDIKASI DISMENORE
Rusmiyati R. Hud1, Ari Susiana Wulandari2, Siti Nurunniyah3, Eva Nurinda2
1Program Studi Sarjana Farmasi; Fakulta Ilmu-Ilmu Kesehatan; universitas Alma Ata
2Dosen Program Studi sarjana Farmasi; Fakulta Ilmu-Ilmu Kesehatan; Universitas Alma Ata
3Dosen Program Studi Kebidanan; Fakulta Ilmu-Ilmu Kesehatan; Universitas Alma Ata
INTISARI
Latar belakang: Swamedikasi merupakan tindakan mengobati diri sendiri
menggunakan obat tanpa resep secara tepat dan bertanggung jawab (rasional).
Dismenore merupakan suatu keluhan yang sering dialami remaja putri yang datang
melakukan pemeriksaan ke dokter ataupun klinik. Penanganan nyeri haid dilakukan
dengan menggunakan terapi farmakologi dan terapi non farmakologi.
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan iklan terhadap persepsi
mahasiswa non kesehatan di Universitas Alma Ata terhadap swamedikasi dismenore.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non
eksperimental secara cross sectional. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Sampel
penelitian adalah mahasiswi non kesehtan Universitas Alma Ata tahun angkatan 2021
dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 154 mahasiswi. Variabel
bebas iklan dan variabel terikat persepsi tentang swamedikasi dismenore. Data
dianalisa menggunakan uji chi square untuk mengetahui hubungan iklan terhadap
persepsi mahasiswi non kesehatan di Universitas Alma Ata tentang swamedikasi
dismenore.
Hasil penelitian: Mayoritas mahasiswi terpengaruh terhadap iklan dan persepsi baik
terhadap swamedikasi dismenore, hasil analisis menunjukan adanya hubungan iklan
terhadap persepsi mahasiswa non kesehatan di Universitas Alma Ata swamedikasi
dismenore dengan nilai p value 0,002 <0,05.
Kesimpulan: adanya hubungan iklan terhadap persepsi mahasiswa non kesehatan di
Universitas Alma Ata swamedikasi dismenore.
Kata kunci: Dismenore, Iklan, Swamedikasi, Persepsi.