DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KETERPAPARAN IKLAN OBAT TERHADAP PERSEPSI MAHASISWI NON KESEHATAN DI UNIVERSITAS ALMA ATA TENTANG SWAMEDIKASI DISMENORE
Total View This Week0
Institusion
Universitas Alma Ata
Author
R.Hud, Rusmiyati
Subject
FARMASI 
Datestamp
2024-03-14 02:53:18 
Abstract :
HUBUNGAN KETERPAPARAN IKLAN OBAT TERHADAP PERSEPSI MAHASISWI NON KESEHATAN DI UNIVERSITAS ALMA ATA TENTANG SWAMEDIKASI DISMENORE Rusmiyati R. Hud1, Ari Susiana Wulandari2, Siti Nurunniyah3, Eva Nurinda2 1Program Studi Sarjana Farmasi; Fakulta Ilmu-Ilmu Kesehatan; universitas Alma Ata 2Dosen Program Studi sarjana Farmasi; Fakulta Ilmu-Ilmu Kesehatan; Universitas Alma Ata 3Dosen Program Studi Kebidanan; Fakulta Ilmu-Ilmu Kesehatan; Universitas Alma Ata INTISARI Latar belakang: Swamedikasi merupakan tindakan mengobati diri sendiri menggunakan obat tanpa resep secara tepat dan bertanggung jawab (rasional). Dismenore merupakan suatu keluhan yang sering dialami remaja putri yang datang melakukan pemeriksaan ke dokter ataupun klinik. Penanganan nyeri haid dilakukan dengan menggunakan terapi farmakologi dan terapi non farmakologi. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan iklan terhadap persepsi mahasiswa non kesehatan di Universitas Alma Ata terhadap swamedikasi dismenore. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental secara cross sectional. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Sampel penelitian adalah mahasiswi non kesehtan Universitas Alma Ata tahun angkatan 2021 dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sebanyak 154 mahasiswi. Variabel bebas iklan dan variabel terikat persepsi tentang swamedikasi dismenore. Data dianalisa menggunakan uji chi square untuk mengetahui hubungan iklan terhadap persepsi mahasiswi non kesehatan di Universitas Alma Ata tentang swamedikasi dismenore. Hasil penelitian: Mayoritas mahasiswi terpengaruh terhadap iklan dan persepsi baik terhadap swamedikasi dismenore, hasil analisis menunjukan adanya hubungan iklan terhadap persepsi mahasiswa non kesehatan di Universitas Alma Ata swamedikasi dismenore dengan nilai p value 0,002 <0,05. Kesimpulan: adanya hubungan iklan terhadap persepsi mahasiswa non kesehatan di Universitas Alma Ata swamedikasi dismenore. Kata kunci: Dismenore, Iklan, Swamedikasi, Persepsi. 
Institution Info

Universitas Alma Ata