Abstract :
Pada sektor pelaku UKM terdapat faktor yang urgen untuk dipahami dan
dilakukan praktik sebagai penunjang usaha yang dijalani yaitu persoalan
pemasaran. Menerapkan strategi marketing merupakan hal yang utama dalam
membangun usaha penyususunan sebuah strategi merupakan awal yang digunakan
untuk mencapai apa yang sudah ditentukan. Seperti halnya strategi marketing
yang diterapkan di PREKSU Colombo yang menggunakan surah Al-Kahfi dan
puasa senin kamis sebagai alat untuk mendapatkan promosi. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui sistem, penerapan dan konsep serta dampak strategi marketing
gratis makan dan minum bagi pembeli yang berpuasa sunah senin dan kamis serta
yang sudah membaca surat Al- Kahfi pada hari jumat yang telah di terapkan UKM
Ayam Geprek dan Susu (Preksu Colombo). Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui
Teknik observasi lapangan, wawancara dan observasi. Alat analisis dalam
penelitian ini menggunakan konsep Miles & Huberman berupa: reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian sebagai strategi marketing berhasil
menarik konsumen untuk mencoba dan membeli kembali. Sistem yang dijalankan
sama dan porsi makannya sama seperti beli langsung. Untuk penerapan hanya bisa
mengklaim sekaki tiap orang dan dampak ada yang merasa diuntungkan dan ada
yang merasa tidak setuju menggunakan gadai puasa sebagai cara mendapatkan
makan gratis. Pihak preksu menjadikan sebagai cara bersedekah dalam
menjalankan usahanya karena jika malihat hitungan nominal merasa tidak
menguntungkan tetapi karena Preksu Colombo menggunakannya sebagai
penerapan visi misi maka menganggap hal itu sebagai cara beramal.
Kata Kunci: Strategi, Marketing, Strategi Marketing, Promosi, Surat Al-Kahfi