Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang
Tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa kelas IV SD Negeri
Minggiran Tahun Ajaran 2014-2015?.
Jenis Penelitian menggunakan penelitian Lapangan. Populasi dalam
penelitian ini adalah 11 siswa kelas IV SD Negeri Minggiran tahun ajaran 20142015,
menggunakan
Sampling
Purposive
karena
teknik
penentuan
sample
dengan
pertimbangan
tertentu dibawah KKM. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari
variabel X (Pola asuh orang tua siswa kelas IV SD Negeri Minggiran tahun ajaran
2014-2015) dan variabel Y (prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas
IV SD Negeri Minggiran tahun ajaran 2014-2015. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket, wawancara, dokumentasi.
Hasil analisis menggunakan rumus product moment yaitu sebesar 0,098
artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua pada
prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SD Negeri Minggiran
tahun ajaran 2014-2015? ini menunjukkan bahwa rxy lebih kecil dari taraf
signifikan 5% dan 1% nilai r tabel (0,098 < 0,602 < 0,735). Dengan demikian
hipotesis yang menyatakan ?Ho: Tidak Ada hubungan positif dan signifikan
antara pola asuh orang tua pada prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa
kelas IV SD Negeri Minggiran tahun ajaran 2014-2015? diterima.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Prestasi Anak