Abstract :
Latar belakang: rendahnya minat belajar pada materi PAI yang mempengaruhi prestasi mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam sekarang ini akan tetapi, dengan berbagai faktor karena
menganggap bahwa mata pelajaran ini tidak begitu penting, maka jika ada anak yang tidak lulus
pada mata pelajaran ini maka guru bisa memanipulasi agar dapat lulus, untuk lebih
mengutamakan yang diujian nasionalkan terlebih dahulu.
Rumusan Masalah: (1) Bagaimana pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar PAI
siswa SMA N 1 Sewon kelas X? (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar PAI
siswa SMA N 1 Sewon kelas X? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan pada
siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta tersebut dijadikan sumber data untuk
mendapatkan potret dan jawaban pengaruh minat belajar siswa pada materi mata pelajaran
PAI di SMA Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta.
Metode Penelitian: cara wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Semua data
dianalisis dengan analisis statistik dengan rumus product moment. Pengujian hipotesis
penelitian menunjukkan pengaruh yang cukup signifikan minat belajar siswa terhadap
peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan rumus
product moment yang menunjukkan nilai r observasi adalah 0,663. Kemudian hasil tersebut
dikonfirmasikan dengan harga r teoritik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% untuk jumlah
responden 73 dalam taraf sigifikansi 5% = 0,232 dan taraf signifikansi 1% = 0,302. Hal ini sejalan
dengan yang telah diungkapkan para ahli tentang pengaruh minat terhadap prestasi belajar
siswa.
Hasil: Bahwa minat belajar mempunyai peranan yang penting dalam rangka menumbuhkan
prestasi belajar siswa. Selanjutnya untuk pertanyaan yang kedua tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi minat belajar PAI siswa SMA N 1 Sewon kelas X yaitu bagaimana pergaulan anak
di sekolah dan di rumah, sikap dan perhatian atau motivasi yang diberikan orang tua terhadap
anaknya, kemampuan anak dalam membaca Al-qur?an, kedisiplinan siswa dalam mengikuti
pelajaran, serta kelelahan fisik setelah berolahraga.