Abstract :
Latar Belakang: Lansia retan mengalami penyakit degenerative yang dapat menurunkan produktifitas dan dampak lainnya. Apabila tidak ada yang menjamin
alam masalah kesehatan, maka suatu saat akan dapat menjadi masalah yang Lebih besar. BPJS menjadi solusinya, namun sejak diresmikan, BPJS Kesehatan gagal menjalankan amanat konstitusi. Beberapa hal yang membuat BPJS dinilai gagal adalah karena sistem yang dijalankan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Tujuan: mengetahui evaluasi pelaksanaan pelayanan BPJS pada lansia di Puskesmas Pandak II Kabupate ewa Yogyakarta.
etode : Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan penelitian ini adalah semua lansia
yang mempunyai BPJS yang periksa di Puskesmas Pandak II\ berjumlah 53 orang.dengan menggunakan analisa univariate.
Hasil: Sebagian besar lansia pesera BPJS menganggap pelaksanaan pelayanan dalam kategori baik yaitu 31 orang (41,3%)
dan hanya 9 orang (17%) lansia BPJS yang menganggap pelaksanaan pelayanan
Kesimpulan: Pelaksanaan pelayanan kesehatan yang diterimanya termasuk dalam
ategori baik.
ata Kunci: evaluasi pelaksanaan pelayanan BPJS, pendekatan cross sectional. Populasi dalam
Analisa data dilakukan d
kesehatan yang diterimanya terma
kesehatan yang diterimanya kuran
k K