Institusion
Universitas Alma Ata
Author
Amry, Zainul
LAELATUL, BADRIAH
Subject
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Datestamp
2018-04-12 03:33:28
Abstract :
Zainul Amry. 2017 ?Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui
Pembelajaran Tematik Terhadap Siswa kelas II MI Ma?Arif Kadipolo Salam
Magelang Tahun Ajaran 2015/2016?. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah Sekolah Tinggi Ilmu Agama Alma Ata
Yogyakarta, 2016.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa
kelas II MI Ma?arif Kadipolo Salam Magelang dalam kegiatan belajar mengajar, serta
melihat apakah pembelajaran tematik dapat meningkatkan keaktifan siswa atau tidak
dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian yang menggunakan
Pembelajaran Tematik ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
pembelajaran tematik terhadap peningkatan keaktifan siswa kelas II MI Ma?arif
Kadpolo Salam magelang dalam kegiatan belajar mengajar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian yang
digunakan adalah desain siklus PTK Model Kurt Lewin. Subyek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas II Kadipolo Salam Magelang. Teknik analisis data dilakukan
dengan analisis deskriptif kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk menyusun,
menjelaskan, dan menganalisa suatu data yang terkumpul berbentuk laporan-laporan
dan uraian deskriptif, selanjutnya dianalisis dengan kerangka induktif yaitu
berdasarkan data-data yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) keaktifan siwa Kelas II MI Ma?arif
Kadipolo Salam Magelang sudah baik, hal tersebut dapat dilihat dari tiap butir
indikator keaktifan siswa yang meliputi. (a) Partisipasi siswa dalam menentukan
tujuan pembelajaran, (b) Partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, (c)
Keeratan hubungan siswa dengan kelompok belajar, (d) kesempatan dalam
mengambil kesimpulan mengalami peningkatan dalam kegiatan belajar mengajar. (2)
Pembelajaran tematik dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas II MI Ma?arif
Kadipolo Salam Magelang mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari
hasil presentase angket keaktifan siswa siklus I dan II yang memperoleh presentase
sebesar 83,33%. Adapun selisih presentase dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar
33,3%. Sedangkan indikator keberhasilan yang telah ditentukan sebesar 65%. Maka
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik dapat meningkatkan keaktifan siswa
pada kegiatan belajar mengajar di kelas II MI Ma?arif Kadipolo Salam Magelang.