Abstract :
Berbicara tentang masalah Ekonomi, tidak pernah terlepas dari yang namanya uang dan
bisnis. Salah satu masalah bisnis sampai sekarang adalah etika dalam praktik bisnis. Penerapan
Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam di Rumah Ayam Potong (RAP) Bantul Broiler. Skripsi, Jurusan
Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam, Universitas Alma Ata Yogyakarta 2017. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam serta kriteria RAP Bantul
Broiler. RAP Bantul Broiler merupakan salah satu bisnis yang menarik dalam rangka
meningkatkan kualitas moral dan karakter para pengusaha. Pemikiran etika bisnis Islam lalu
dimunculkan kembali kepermukaan, dengan alasan bahwa Islam adalah agama yang sempurna.
Islam mencakup sekumpulan ajaran-ajaran atau doktrin dan nilai-nilai yang dapat mengantar
manusia dalam kehidupannya menuju tujuan kebahagiaan hidup, baik hidup di dunia maupun di
akhirat. Penelitian ini mengangkat rumusan permasalahan yaitu (1) Bagaimana praktik UMKM
Rumah Ayam Potong (RAP) Bantul Broiler (2) Bagaimana Tinjauan Etika Bisnis Islam di
Rumah Ayam Potong (RAP) Bantul Broiler . Dengan jenis penelitian lapangan (field research)
dengan pendekatan penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan teknik observasi,wawancara
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tujuan untuk
mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan, tentang etika bisnis Islam dan kriteria di
Rumah Ayam Potong (RAP) Bantul Broiler yang dijalankan bapak Suparno sudah sesuai
dengan etika bisnis Islam. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa etika bisnis Islam sudah
diterapkan di Rumah Ayam Potong (RAP) Bantul Broiler akan tetapi masih perlu ditingkatkan.
Kriteria Rumah Ayam Potong (RAP) Bantul Broiler sudah diterapkankan, tetapi masih ada aspek
yang belum terpenuhi.