Abstract :
Wibisono: Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkakan Penjualan (Studi
Kasus Di Sanggar Peni Dusun Krebet Sendangsari Pajangan Bantul)
Strategi pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang
berkaitan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke
konsumen. Dalam hal ini banyak keputusan strategi pemasaran yang harus dibuat
jauh sebelum produk itu dihasilkan, seperti keputusan mengenai produk yang
dibuat, pasarnya, harga dan promosinya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi
pemasaran yang diterapkan oleh sentra kerajinan batik kayu di Sanggar Peni.
Dalam strategi ini juga bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang tepat
digunakan oleh sebuah perusahaan.
Penelitian ini dilakukan dengan dengan mengambil subyek penelitian
perusahaan perseorangan Batik Kayu Sanggar Peni di Dusun Krebet. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini dari hasil observasi serta hasil wawancara. Dari hasil
wawancara, pada penyususnan skripsi ini telah dijabarkan bagaimana strategi
pemasaran dalam meningkatkan penjualan di Sanggar Peni. Kemudian dalam
penelitian ini juga di lakukan beberapa metode pengujian dengan Matriks SWOT,
sperti matriks IFAS total nilainya sebesar 3,24, matriks EFAS total nilainya sebesar
3,56 serta matriks IE berada pada sel I artinya Sanggar Peni berada dalam strategi
pertumbuhan.
Hasil analisis SWOT yang digambarkan dengan menggunakan diagram
SWOT menunjukkan kondisi perusahaan berada dalam Kuadran II, dimana
kekuatan Sanggar Peni lebih dominan daripada kelemahan perusahaan secara
internal. Akan tetapi perusahaan juga lebih cenderung banyak menghadapi
ancaman daripada peluang untuk usahanya.
Kata Kunci: Strategi pemasaran ,IFAS, EFAS, IE, matrik SWOT,