Abstract :
Ahmad Rifqi, Implementasi Full-Day School di Madrasah Aliyah (MA)
Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Progam Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Alma Ata Yogyakarta 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Implementasi fullday school yang diterapkan di Madrasah Aliyah (MA) Ali Maksum Krapyak
Yogyakarta 2) Faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat
implementasi full-day school di Madrasah Aliyah (MA) Ali Maksum Krapyak
Yogyakarta 3) Upaya yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah (MA) Ali Maksum
Krapyak Yogyakarta dalam mengatasi hambatan-hambatan implementasi full-day
school.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.
Subjek penelitian ini adalah Waka Madrasah bagian Kurikulum dan Pengajaran,
Waka Madrasah bagian Kesiswaan, guru-guru MA Ali Maksum Krapyak, siswa
MA Ali Maksum Krapyak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Setting penelitian bertempat di MA Ali Maksum
Krapyak Yogyakarta. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi
sumber.
Hasil penelitian ini menunjukan 1) MA Ali Maksum Krapyak
Yogyakarta dalam menerapkan kebijakan implementasi full-day school
berdasarkan pada standar proses, standar kompetensi, dan standar sarana
prasarana yaitu dalam proses pembelajaran MA Ali Maksum menggunakan
kurikulum terpadu yang termasuk di dalamnya Kurikulum Terpadu Satuan
Pendidikan (KTSP/2006) dan Kurikulum 2013 dengan kurikulum pondok
pesantren. 2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu; a) Motivasi belajar siswa,
hubungan baik dengan guru, dan kurukulum terpadu. b) Waktu belajar yang relatif
lama, dan kejenuhan siswa. 3) Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan yaitu
menggunakan metode mengajar yang sesuai dan interaktif, peningkatan
pengawasan dan pendampingan kepada siswa.
Kata Kunci : Implementasi Full-day School