DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI FULL-DAY SCHOOL DI MADRASAH ALIYAH (MA) ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Alma Ata
Author
Rifqi, Ahmad
Ilyasir, Fiska
Subject
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 
Datestamp
2024-02-20 12:33:46 
Abstract :
Ahmad Rifqi, Implementasi Full-Day School di Madrasah Aliyah (MA) Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Progam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Alma Ata Yogyakarta 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Implementasi fullday school yang diterapkan di Madrasah Aliyah (MA) Ali Maksum Krapyak Yogyakarta 2) Faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat implementasi full-day school di Madrasah Aliyah (MA) Ali Maksum Krapyak Yogyakarta 3) Upaya yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah (MA) Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dalam mengatasi hambatan-hambatan implementasi full-day school. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah Waka Madrasah bagian Kurikulum dan Pengajaran, Waka Madrasah bagian Kesiswaan, guru-guru MA Ali Maksum Krapyak, siswa MA Ali Maksum Krapyak. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setting penelitian bertempat di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan 1) MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dalam menerapkan kebijakan implementasi full-day school berdasarkan pada standar proses, standar kompetensi, dan standar sarana prasarana yaitu dalam proses pembelajaran MA Ali Maksum menggunakan kurikulum terpadu yang termasuk di dalamnya Kurikulum Terpadu Satuan Pendidikan (KTSP/2006) dan Kurikulum 2013 dengan kurikulum pondok pesantren. 2) Faktor pendukung dan penghambat yaitu; a) Motivasi belajar siswa, hubungan baik dengan guru, dan kurukulum terpadu. b) Waktu belajar yang relatif lama, dan kejenuhan siswa. 3) Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan yaitu menggunakan metode mengajar yang sesuai dan interaktif, peningkatan pengawasan dan pendampingan kepada siswa. Kata Kunci : Implementasi Full-day School 
Institution Info

Universitas Alma Ata