Abstract :
Dewi Yusrikah : Implementasi Active Learning dalam Pembelajaran Tarikh pada Kelas II
Marhalah II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta.
Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Alma Ata Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui bentuk active learning apa yang paling
tepat dalam pembelajaran Tarikh di kelas II Marhalah II Madrasah Diniyah Pondok Pesantren
Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta. Karena dalam pembelajaran tarikh masih sering
kali pendidik menggunakan metode pengajaran yang masih dominan berpusat pada pendidik.
Dalam hal ini perlu diingat kembali bahwa dalam pendidikan selalu ada pembaharuan, dari
ruang dan waktu, tradisional menuju ke era modernitas. Hal ini disebabkan oleh pemahaman
yang belum memadai dan paradigma pembelajaran yang belum sesuai dengan tindakan yang
seharusnya dilakukan. Dan sudah seharusnya pembelajaran inovatif dikembangkan oleh
tenaga pendidik.
Metode yang penyusun gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yang
mana peniliti harus turun langsung kelapangan dengan mengambil data terkait implementasi
active learning dalam pembelajaran tarikh kelas II Marhalah II Pondok Pesantren Nurul
Ummah Putri, yang berlatar belakang pada minimnya pendidik menggunakan active learning
dalam pembelajaran tarikh khususnya di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren. Pengumpulan
data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data terkait
implementasi active learning dalam pembelajaran tarikh pada kelas II Marhalah II yang
dikumpulkan sehingga memperoleh suatu hasil dan kesimpulan.
Hasil dan isi penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi active learning dalam
pembelajaran tarikh menggunakan; metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi,
metode resitasi, dan metode kerja kelompok. Dalam penerapannya pendidik menggunakan
bahasa interaktif kepada peserta didik dan di lengkapi dengan game education sebagai alat
pemahaman peserta didik. Dalam implementasi metode active learning tentunya ada faktor
pendukung, di antaranya ; media yang sudah memadai, pengampu yang sudah menguasai
gramatika tata bahasa arab dan latar pendidikan yang mendukung, referensi yang
mendukung. Adapun faktor penghambatnya adalah ; jam pembelajaran yang sangat terbatas,
peserta didik yang berlatar belakang hetereogenitas, kondisi ruang belajar,dan peserta didik
yang berangkat telat.
Kata kunci : metode, active learning, pembelajaran tarikh