Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Penggunaan
Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran
2016/2017 dan bagaimanakah pengaruh tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis preeksperimental dengan teknik intact group comparison. Penelitian ini terbagi
menjadi dua kelompok penelitian, yaitu terdapat kelas eksperimen dan kelas
kontrol.
Populasi penelitian adalah 180 siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Yogyakarta. Pada penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data
yaitu observasi, wawancara dan angket. Analisis statistik yang digunakan pada
penelitian ini adalah deskriptif persentase sedangkan uji hipotesis menggunakan
teknik Independent Simple Test dengan bantuan SPSS vertio 20 for windows dan
menggunakan bantuan tambahan program Microsoft Excel. Penelitian ini
menggunakan taraf signifikansi 5%.
Hasil uji statistik T test menggunakan teknik Independen Simple Test
untuk menguji hipotesis ?Ada Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual
terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017? ini menunjukan
bahwa nilai t hitung < t table yaitu 436 < 2,004, dan nilai sig.(2-tailed) sebesar
0,665. Maka 0,665 > 0,05. Pengujian t hitung dan nilai signifikan tersebut dapat
disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak ada pengaruh
penggunaan media audio visual terhadap minat belajar siswa kelas VIII pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 3 Yogyakarta.
Kata kunci: media, audio visual, minat.