Abstract :
Latar Belakang : Kenakalan remaja setiap tahun terus meningkat. Masa remaja
adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Terjadinya
berbagai perubahan pada masa remaja termasuk perubahan konsep diri.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri
dengan kenakalan remaja di SMP N 2 Galur Kulon Progo.
Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional yang bersifat analitik dengan
pendekatan cross sectional. Jumlah populasi adalah 198 siswa. Jumlah sampel 66
siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Simple Stratified Random Sampling.
Analisis data menggunkan uji chi square.
Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 57,6% siswa mempunyai konsep
diri positif, dan 72,7% siswa mempunyai kenakalan remaja tingkat rendah. Hasil
uji chi square didapatkan nilai p value sebesar 0,015 (p<0,05). Ada hubungan
signifikan antara konsep diri dengan kenakalan remaja di SMP N 2 Galur Kulon
Progo. Semakin tinggi konsep diri semakin rendah kenakalan remaja di SMP N 2
Galur Kulon Progo.
Kesimpulan : Ada hubungan signifikan antara konsep diri dengan kenakalan
remaja. Disarankan agar guru, orang tua dapat membina, menumbuhkan konsep
diri positif pada remaja dan juga dapat meminimalisasi kenakalan pada remaja.