Abstract :
Nur Rohana: Manajemen Pembelajaran PAI untuk Anak Tunagrahita di
Sekolah Luar Biasa (SLB) Bangun Putra Kasihan Bantul Tahun Pelajaran
2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Alma Ata Yogyakarta, 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pembelajaran
(Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi) Pendidikan Agama Islam Untuk Anak
Tunagrahita, dan untuk mengetahui problematika serta upaya penyelesaianya
dalam Pelaksanaan Manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk
Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Biasa Bangun Putra Kasihan Bantul.
Jenis Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kaulitatif, Teknik pengumpulan
data menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Sumber Datanya Guru
Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah SLB Bangun Putra, Waka Kurikulum,
dan Orang tua. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan metode kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa Manajemen Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Tunagrahita di SLB Bangun Putra setiap
kegiatan pembelajaran guru PAI di SLB, ada Program pembelajaran dari
perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi. 1. perencanaan guru harus membuat
silabus, RPP, Prota dan promes; 2. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Untuk Anak Tunagrahita di SLB Bangun Putra Kasihan Bantul saat ini
sudah berkembang atau berjalan dengan baik karena anak mampu membaca dan
menghafal doa sehari-hari; 3. Evaluasi yang dilakukan yaitu penilaian tertulis,
penilaian proses/lisan, materi secara berulang-ulang (metode pembiasan).
Probelmatika : 1. Latar Belakang Pendidikan Agama Islam dalam keluarga yang
kurang; 2. Keterbatasan IQ; 3. Kurangnya media gambar Pendidikan Agama
Islam.Upaya Penyelesaian Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Untuk Anak Tunagrahita di SLB Bangun Putra Kasihan Bantul
Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu :1. Kesadaran orang tua untuk menanamkan dan
mendidik pendidikan Agama Islam dalam keluarga; 2. Proses pembelajaran
menggunakan pendekatan individu dan metode pembiasaan, Adanya Fasilitas
yang memadai seperti media gambar Pendidikan Agama islam.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi, khususnya bagi
guru dan waka kurikulum di lingkungan sekolahan, serta kepala sekolah sehingga
dapat dijadikan bahan untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya
manusia yang lebih baik.
Kata kunci : Manajemen Pembelajaran ( Perencanaan, Pelaksanan, dan Evaluasi),
Pendidikan Agama Islam, anak Tunagrahita.